PERCOBAAN 7
RUTE PATROLI

1.    Tujuan : Agar Bintara Mahasiswa mampu membuat Skema Rute Patroli.

2.     Alat dan Bahan.
        a.    Laptop.
        b.    Delphi.
        c.    Image.
        d.    Timer.
        e.    Shape.
        f.     Label.

3.    Landasan Teori.
a.    Image pada Delphi, komponen Image digunakan untuk menampilkan gambar atau foto dalam aplikasi. Komponen Image dapat digunakan untuk menampilkan gambar statis atau dinamis dalam aplikasi Delphi. Komponen ini berguna untuk menambahkan visualisasi pada aplikasi, seperti menampilkan logo, gambar, atau foto.

b.    Shape pada Delphi, komponen Shape digunakan untuk membuat berbagai bentuk grafis seperti lingkaran, elips, bujur sangkar dan bentuk lainnya.

c.   Label pada Delphi, komponen visual yang digunakan untuk menampilkan teks pada aplikasi.

d.    Tampilan Running LED dengan menggunakan Shape pada Delphi, merupakan hasil visualiasi dari pergerakan Shape, sehingga membuat seakan-akan bergerak. 

4.    Langkah-Langkah Percobaan.

a .   Membuat Flowchart.

         b.    Membuat Coding.

unit Unit1;


interface
uses
  Winapi.Windows, Winapi.Messages, System.SysUtils, System.Variants, System.Classes, Vcl.Graphics,
  Vcl.Controls, Vcl.Forms, Vcl.Dialogs, Vcl.StdCtrls, Vcl.ExtCtrls,
  Vcl.Imaging.pngimage;
type
  TForm1 = class(TForm)
    Image1: TImage;
    Shape1: TShape;
    Shape2: TShape;
    Shape3: TShape;
    Shape4: TShape;
    Shape5: TShape;
    Shape6: TShape;
    Shape7: TShape;
    Shape8: TShape;
    Shape9: TShape;
    Shape10: TShape;
    Shape11: TShape;
    Shape12: TShape;
    Shape13: TShape;
    Shape14: TShape;
    Shape15: TShape;
    Shape16: TShape;
    Shape17: TShape;
    Shape18: TShape;
    Shape19: TShape;
    Shape20: TShape;
    Shape21: TShape;
    Edit1: TEdit;
    Button1: TButton;
    Label1: TLabel;
    Image2: TImage;
    Image3: TImage;
    Image4: TImage;
    Shape22: TShape;
    Shape23: TShape;
    Shape24: TShape;
    procedure Button1Click(Sender: TObject);
  private
    { Private declarations }
  public
    { Public declarations }
  end;
var
  Form1: TForm1;
implementation
{$R *.dfm}
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
if edit1.text='11' then
begin
  shape1.Visible:=true;
  shape2.visible:=false;
  shape3.Visible:=false;
  image2.Visible:= true;
  edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='12' then
begin
  shape1.Visible:=false;
  shape2.visible:=true;
  shape3.Visible:=false;
  image2.Visible:= false;
  edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='13' then
begin
  shape1.Visible:=false;
  shape2.visible:=false;
  shape3.Visible:=true;
  image2.Visible:= false;
  edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='21' then
begin
  shape4.Visible:=true;
  shape5.visible:=false;
  shape6.Visible:=false;
  image2.Visible:= true;
  edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='22' then
begin
  shape4.Visible:=false;
  shape5.visible:=true;
  shape6.Visible:=false;
  image2.Visible:= false;
  edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='23' then
begin
  shape4.Visible:=false;
  shape5.visible:=true;
  shape6.Visible:=false;
  image2.Visible:= false;
  edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='31' then
begin
  shape7.Visible:=true;
  shape8.visible:=false;
  shape9.Visible:=false;
  image2.Visible:= true;
  edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='32' then
begin
  shape7.Visible:=false;
  shape8.visible:=true;
  shape9.Visible:=false;
  image2.Visible:= false;
  edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='33' then
begin
  shape7.Visible:=false;
  shape8.visible:=false;
  shape9.Visible:=true;
  image2.Visible:= false;
  edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='41' then
begin
  shape10.Visible:=true;
  shape11.visible:=false;
  shape12.Visible:=false;
  image2.Visible:= true;
  edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='42' then
begin
  shape10.Visible:=false;
  shape11.visible:=true;
  shape12.Visible:=false;
  image2.Visible:= false;
  edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='43' then
begin
  shape10.Visible:=false;
  shape11.visible:=false;
  shape12.Visible:=true;
  image2.Visible:= false;
  edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='51' then
begin
  shape13.Visible:=true;
  shape14.visible:=false;
  shape15.Visible:=false;
  image2.Visible:= true;
  edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='52' then
begin
  shape13.Visible:=false;
  shape14.visible:=true;
  shape15.Visible:=false;
  image2.Visible:= false;
  edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='53' then
begin
  shape13.Visible:=false;
  shape14.visible:=false;
  shape15.Visible:=true;
  image2.Visible:= false;
  edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='61' then
begin
  shape16.Visible:=true;
  shape17.visible:=false;
  shape18.Visible:=false;
  image2.Visible:= true;
  edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='62' then
begin
  shape16.Visible:=false;
  shape17.visible:=true;
  shape18.Visible:=false;
  image2.Visible:= false;
  edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='63' then
begin
  shape16.Visible:=false;
  shape17.visible:=false;
  shape18.Visible:=true;
  image2.Visible:= false;
  edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='01' then
begin
  shape19.Visible:=true;
  shape20.visible:=false;
  shape21.Visible:=false;
  image3.Visible:= true;
  image4.Visible:= true;
  edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='02' then
begin
  shape19.Visible:=false;
  shape20.visible:=true;
  shape21.Visible:=false;
  image2.Visible:= false;
  image3.Visible:= false;
  image4.Visible:= false;
  edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='03' then
begin
  shape19.Visible:=false;
  shape20.visible:=false;
  shape21.Visible:=true;
  image3.Visible:= false;
  image2.Visible:= false;
  image3.Visible:= false;
  image4.Visible:= false;
  edit1.Text:='';
end;
end;
end.

5.     Hasil dan Pembahasian.
        a.    Hasil. 



b.    Pembahasan.
1). Dalam menjalankan skema patroli ini, kita membutuhkan kode yang digunakan untuk  mengecek kondisi dari Pos-pos yang akan di lalui, terdapat beberapa pos yang akan di lalui diantaranya: 
                a). Jaga Satri
                b). Mako Arhanud
                c). Aula
                d). Kelas
                e). Kantor jas
                f). Dohar
                g). Mako Poltekad

2). Berikut kode yang digunakan untuk mengecek situasi Pos-pos. 

                            a). Jaga Satri (01,02,03) 
                         b). Mako Arhanud (11,12,13)
                         c). Aula (21,22,23)
                         d). Kelas (31,32,33)
                         e). Kantor jas (41,42,43)
                         f). Dohar (51,52,53)
                         g). Mako Poltekad (61,62,63)

3). Prosedur ketentuan, Tanda merah melambangkan situasi darurat membutuhkan bantuan tembakan, Tanda Kuning melambangkan Waspada, Tanda Hijau Melambangkan situasi Aman. 
 
4). Bantuan Tembakan apabila terjadi situasi darurat akan diperoleh dari Jaga Kesatrian, sedangkan Apabila Jaga Kesatrian yang dalam keadaan situasi darurat, makan bantuan Tembakan akan diperoleh dari Pos yang berada dekat dengan Jaga Kesatrian dalam hal ini Mako Arhanud dan Mako Poltekad.

 

6.     Kesimpulan. 

        Percobaan kali ini untuk memudahkan kita untuk mengecek situasi dan kondisi Pos-pos yang di lalui saat patroli, dengan menggunakan kode yang telah digunakan untuk menjadi alamat pos yang akan di cek dan Tanda warna merah, kuning dan hijau untuk melambang situasi dan kondisi pos-pos. dengan adanya skema ini, kita dapat mempermudah untuk mengecek keadaan situasi dan kondisi pos. dan dalam waktu penyiapannya juga akan lebih cepat dan efisien.