PERCOBAAN 7
RUTE PATROLI
b. Delphi.
c. Image.
d. Timer.
e. Shape.
a. Image pada Delphi, komponen Image digunakan untuk menampilkan gambar atau foto dalam aplikasi. Komponen Image dapat digunakan untuk menampilkan gambar statis atau dinamis dalam aplikasi Delphi. Komponen ini berguna untuk menambahkan visualisasi pada aplikasi, seperti menampilkan logo, gambar, atau foto.
b. Shape pada Delphi, komponen Shape digunakan untuk membuat berbagai bentuk grafis seperti lingkaran, elips, bujur sangkar dan bentuk lainnya.
c. Label pada Delphi, komponen visual yang digunakan untuk menampilkan teks pada aplikasi.
d. Tampilan Running LED dengan menggunakan Shape pada Delphi, merupakan hasil visualiasi dari pergerakan Shape, sehingga membuat seakan-akan bergerak.
4. Langkah-Langkah Percobaan.
a . Membuat Flowchart.
b. Membuat Coding.
unit Unit1;
interface
uses
Winapi.Windows, Winapi.Messages, System.SysUtils, System.Variants, System.Classes, Vcl.Graphics,
Vcl.Controls, Vcl.Forms, Vcl.Dialogs, Vcl.StdCtrls, Vcl.ExtCtrls,
Vcl.Imaging.pngimage;
type
TForm1 = class(TForm)
Image1: TImage;
Shape1: TShape;
Shape2: TShape;
Shape3: TShape;
Shape4: TShape;
Shape5: TShape;
Shape6: TShape;
Shape7: TShape;
Shape8: TShape;
Shape9: TShape;
Shape10: TShape;
Shape11: TShape;
Shape12: TShape;
Shape13: TShape;
Shape14: TShape;
Shape15: TShape;
Shape16: TShape;
Shape17: TShape;
Shape18: TShape;
Shape19: TShape;
Shape20: TShape;
Shape21: TShape;
Edit1: TEdit;
Button1: TButton;
Label1: TLabel;
Image2: TImage;
Image3: TImage;
Image4: TImage;
Shape22: TShape;
Shape23: TShape;
Shape24: TShape;
procedure Button1Click(Sender: TObject);
private
{ Private declarations }
public
{ Public declarations }
end;
var
Form1: TForm1;
implementation
{$R *.dfm}
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
if edit1.text='11' then
begin
shape1.Visible:=true;
shape2.visible:=false;
shape3.Visible:=false;
image2.Visible:= true;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='12' then
begin
shape1.Visible:=false;
shape2.visible:=true;
shape3.Visible:=false;
image2.Visible:= false;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='13' then
begin
shape1.Visible:=false;
shape2.visible:=false;
shape3.Visible:=true;
image2.Visible:= false;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='21' then
begin
shape4.Visible:=true;
shape5.visible:=false;
shape6.Visible:=false;
image2.Visible:= true;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='22' then
begin
shape4.Visible:=false;
shape5.visible:=true;
shape6.Visible:=false;
image2.Visible:= false;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='23' then
begin
shape4.Visible:=false;
shape5.visible:=true;
shape6.Visible:=false;
image2.Visible:= false;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='31' then
begin
shape7.Visible:=true;
shape8.visible:=false;
shape9.Visible:=false;
image2.Visible:= true;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='32' then
begin
shape7.Visible:=false;
shape8.visible:=true;
shape9.Visible:=false;
image2.Visible:= false;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='33' then
begin
shape7.Visible:=false;
shape8.visible:=false;
shape9.Visible:=true;
image2.Visible:= false;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='41' then
begin
shape10.Visible:=true;
shape11.visible:=false;
shape12.Visible:=false;
image2.Visible:= true;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='42' then
begin
shape10.Visible:=false;
shape11.visible:=true;
shape12.Visible:=false;
image2.Visible:= false;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='43' then
begin
shape10.Visible:=false;
shape11.visible:=false;
shape12.Visible:=true;
image2.Visible:= false;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='51' then
begin
shape13.Visible:=true;
shape14.visible:=false;
shape15.Visible:=false;
image2.Visible:= true;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='52' then
begin
shape13.Visible:=false;
shape14.visible:=true;
shape15.Visible:=false;
image2.Visible:= false;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='53' then
begin
shape13.Visible:=false;
shape14.visible:=false;
shape15.Visible:=true;
image2.Visible:= false;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='61' then
begin
shape16.Visible:=true;
shape17.visible:=false;
shape18.Visible:=false;
image2.Visible:= true;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='62' then
begin
shape16.Visible:=false;
shape17.visible:=true;
shape18.Visible:=false;
image2.Visible:= false;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='63' then
begin
shape16.Visible:=false;
shape17.visible:=false;
shape18.Visible:=true;
image2.Visible:= false;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='01' then
begin
shape19.Visible:=true;
shape20.visible:=false;
shape21.Visible:=false;
image3.Visible:= true;
image4.Visible:= true;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='02' then
begin
shape19.Visible:=false;
shape20.visible:=true;
shape21.Visible:=false;
image2.Visible:= false;
image3.Visible:= false;
image4.Visible:= false;
edit1.Text:='';
end;
if edit1.text='03' then
begin
shape19.Visible:=false;
shape20.visible:=false;
shape21.Visible:=true;
image3.Visible:= false;
image2.Visible:= false;
image3.Visible:= false;
image4.Visible:= false;
edit1.Text:='';
end;
end;
end.
2). Berikut kode yang digunakan untuk mengecek situasi Pos-pos.
d). Kelas (31,32,33)
3). Prosedur ketentuan, Tanda merah melambangkan situasi darurat membutuhkan bantuan tembakan, Tanda Kuning melambangkan Waspada, Tanda Hijau Melambangkan situasi Aman.
4). Bantuan Tembakan apabila terjadi situasi darurat akan diperoleh dari Jaga Kesatrian, sedangkan Apabila Jaga Kesatrian yang dalam keadaan situasi darurat, makan bantuan Tembakan akan diperoleh dari Pos yang berada dekat dengan Jaga Kesatrian dalam hal ini Mako Arhanud dan Mako Poltekad.
6. Kesimpulan.
Percobaan kali ini untuk memudahkan kita untuk mengecek situasi dan kondisi Pos-pos yang di lalui saat patroli, dengan menggunakan kode yang telah digunakan untuk menjadi alamat pos yang akan di cek dan Tanda warna merah, kuning dan hijau untuk melambang situasi dan kondisi pos-pos. dengan adanya skema ini, kita dapat mempermudah untuk mengecek keadaan situasi dan kondisi pos. dan dalam waktu penyiapannya juga akan lebih cepat dan efisien.